Pengalaman koreksi nama tiket pesawat tujuan international maspakai KLM dan JetStar


     Seperti kalian tahu kalau kita pesan tiket pesawat di rute domestik maka harus dengan identitas KTP sedangkan jika ingin pesan tiket pesawat di rute international maka kalian harus dengan pasport. Kadang ada KTP dan Passport yang memiliki sedikit perbedaan nama entah ditambahkan atau dikurangkan. Apalagi jika memesan tiket pesawatnya bukan untuk diri sendiri. Nah disini gue mau coba sharing pengalaman gue tentang koreksi nama tiket pesawat tujuan international dengan dua maskapai berbeda yaitu KLM dan JetStar.

      First, kejadian terjadi bulan November 2019. Gue pesan tiket pesawat KLM tujuan jakarta - kuala lumpur, kuala lumpur - jakarta lewat traveloka. Tiket itu bukan untuk gue, melainkan untuk si bos (maklum kuli). So, karena sering pesan lewat traveloka untuk perjalanan kantor, maka akun traveloka pun atas nama kantor dengan identitas milik si bos, gue hanyalah si pemesan dibalik akun traveloka kantor. Hal ini pula yang membuat njelimet. Saat detik-detik keberangkatan si bos baru ngeh kalo gue pesan tiket dengan nama nya sesuai KTP bukan sesuai passport padahal ini penerbangan international. Well untuk keberangkatan akhirnya si bos modal nekat tetep terobos walaupun tiket ga sesuai kerena dia berpikiran masih di jakarta ini dan karena mau ubah pun terlalu mepet waktunya. Akhir nya lolos lah walaupun katanya beliau banyak ditanya sana sini tetapi tetep bisa take off from jkt to kl. Nah, untuk tiket pulangnya mulai lah kebingungan. Karena gue yang melakukan pesanan jadilah gue yang bertanggung jawab dibelakang layar. Gue coba hubungi CS traveloka dan bisa dibilang mereka seperti lepas tangan sulit sekali untuk mereka melakukan koreksi nama penumpang. Hal yang bikin ribet pula, karena identitas traveloka atas nama si bos. Singkat cerita traveloka ga bisa bantu jadi gue harus datengin counter maskapainya yang ada di bandara. Untuk counter maskapai KLM ini ada di Terminal 3 dan menurut staff tiketing KLM untuk koreksi tiket seharusnya bisa dilakukan dan gratis jika travel agent nya langsung yg request which is travelokanya yang memohon ke pihak KLM, kalau koreksi sendiri di counter maka akan dikenakan biaya $30 sekitar Rp. 420.000 karena gue udah males hubungin traveloka akhirnya gue langsung koreksi aja di counter KLM and beres deh first accident.

     Second, kejadian ini baru gue alami yaitu bulan ini Februari 2020 tetapi tiketnya sebenarnya sudah dipesan dari Oktober 2019 which is sebelum kejadian pertama. So, like the other one masalahnya masih sama yaitu nama di dalam tiket tidak sesuai passport. Kali ini maskapainya beda yaitu JetStar dengan tujuan penang - singapore, singapore - jakarta untuk bulan April 2020. Nah, seperti kejadian awal, pihak traveloka lepas tangan lagi dan menyuruh untuk menghubungi CS JetStar. Ini CS dan kantor maskapai JetStar di Jakarta juga suck banget sih. Gue coba hubungi nomor kantornya di 021 2555 6333 tapi ga ada jawab padahal nyambung. Tiga hari berturut-turut gue coba. Hell, akhirnya gue ikutin cara seperti kejadian awal, gue datengin deh counternya di bandara. Berkat ke sotoy an gue. Datanglah gue ke terminal 3, gue kira semua counter maskapai ada disana. Salah! ternyata untuk maskapai JetStar adanya di terminal 2F. Pindah lah gue ke terminal 2 by skytrain (sekalian nyoba, again maklum norak). Sesampainya di terminal 2F, tanya lah gue ke petugas. Salahnya gue nanya ke petugas yang salah. Disuruh lah gue balik ke terminal 3. Udah kaya bola voli lempar sana lempar sini. Sampai di terminal 3, disuruh balik lah ke terminal 2 lagi. Akhirnya ketemu lah check-in counter JetStar. Sialnya gue, di check-in counter staff tiketing nya ga ada karena staff ticketing cuma ada 2 jam sebelum keberangkatan. Setelah tanya staff JetStar yang ada, dia juga ga bisa bantu apa-apa. Dia hanya bilang untuk hubungi kantor JetStar nya langsung. Untuk kantor yang di jakarta memang slow respon alias ga ada yang ngangkat. Dia suruh untuk hubungi JetStar yang di Singapura. Well disini gue cukup kecewa sih sama pelayanan JetStar jakarta. Balik lah gue pulang dengan tangan kosong. Sesampainya dirumah gue coba hubungi Jetstar Singapore by Skype Klik disini. And thanks god, CS JetStar Singapore sangat ramah dan membantu, gue  hanya diminta menyebutkan airline booking code dan alamat email untuk dikirimkan link oleh pihak JetStar agar bisa mengupload foto pasport yang ingin di ubah. And done, ga lama itinerary ticket pun di kirim by email dan yang paling penting no charge alias free. 
Share:

0 comments:

Post a Comment