Disini gue mau share pengalaman interview kerja gue di PT. Ki-Antaka Rasa yang ada di kebon jeruk dekat RCTI. Buat yang belum tahu perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang Food Seasonings, Ingredients dan Flavour. Berdiri pada tahun 1984. Bumbu bumbu yang di produksi itu semacam bumbu BBQ, Keju asin, balado dll. Bumbu yang biasa kita temui kalo lagi jajan cimol atau cilor dsb. untuk lebih jelas bisa dilihat data lengkapnya di web mereka http://www.kiantakarasa.com/ Oke.. Back to my interview. Gue coba ngelamar via jobstreet dan ini panggilan interview nya.
Jadi lokasinya tepat di belakang restoran macroni tei coffee. Gedungnya cukup rapih mungkin karena pas gue dateng ini gedung masih belum lama dibangun. Ruang resepsionis nya cukup kecil hanya ada 4 bangku sebagai ruang tunggu sekaligus tempat ganti sendal. Karena uniknya di perusahaan ini, semua karyawan yang naik ke lantai atas diwajibkan mengganti sepatunya dengan sendal slop yang udah di sediakan seperti di hotel-hotel gitu deh.
Well first, Gue mulai interview pertama jam setengah 10an dengan tes (kayanya) logika penalaran jadi di soal itu kita hanya dibolehkan jawab dengan angka 1/2/3/4/5 ya/tidak tapi memungkinkan juga beberapa soal kita diharuskan menjawab kelanjutan dari deret aritmatika dan angka dari hasil hitungan. Waktu yang diberikan juga cepat hanya 12 menit dengan 50 soal yang disediakan.
Second, lanjut dengan Psikotes DISC. Tes ini dapat membagi 4 tipe perilaku individu ketika berinteraksi dengan lingkungannya, yakni : Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance.
contoh soal DISC |
Third, masih psikotes juga tapi tes nya beda. Tes ini biasa di sebut tes PAPI. PAPI Kostick merupakan laporan inventori tes psikologi kepribadian (self report inventory), terdiri dari 90 pasangan pernyataan pendek berhubungan dalam situasi kerja, yang menyangkut 20 aspek kepribadian yang dikelompokkan dalam 7 bidang, yaitu : kepemimpinan (leadership), arah kerja (work direction), aktivitas kerja (work activity), relasi sosial (social nature), gaya bekerja (work style), sifat temperamen (temperament), dan posisi atasan-bawahan (followership). untuk test kedua dan ketiga hanya diberi waktu 30 menit
contoh lembar test PAPI |
Fourth, masih lagi dengan psikotes. Kali ini dihadapkan dengan psikotes krapelin. Test Kraepelin merupakan bagian dari psikotes yang diciptakan oleh seorang psikiater bernama Emilie Kraepelin. Tes ini awalnya digunakan untuk mengetahui definisi mental seseorang. Untuk mengerjakan tes kraepelin anda hanya diminta untuk melakukan hitungan sederhana, yaitu dengan menjumlahkan deratan angka-angka. Namun deretan angka yang dihitung sangat banyak sekali seperti lembaran koran. Karena itulah tes ini sering disebut dengan tes koran. Dalam mengerjakan test ini peserta membutuhkan konsentrasi, ketelitian, stabilitas emosi, dan daya tahan yang prima. dalam test kraepelin peserta melakukan perhitungan dari bawah ke atas dengan instruksi “PINDAH”, maka peserta mengerjakan kembali hitungan dengan berpindah kolom sebelah dan mulai menghitung dari bawah kembali dan seterusnya.
contoh tes kraepelin |
Fifth, selesai dengan segala psikotes lanjut dengan tes Microsoft Excel. Akan disediakan tabel yang sudah ada data dan rekap penjualan di sheet sebelahnya. Gue diharuskan mengisi tabel yang ada dengan rumus Excel seperti vlookup, min, max, avarenge, if dan pivot berdasarkan data yang telah disediakan. Waktunya hanya diberi 30 menit.
Sixth, selesai istirahat makan siang dilanjutlah dengan interview HRD. Kita dipersilahkan memperkenalkan diri dan menceritakan apa saja pekerjaan sebelumnya. Disini pula dijelasin bagaimana sistem kerja dan perekrutan karyawan tetap di perusahaan ini. Jadi untuk karyawan baru akan ada kontrak selama 6 bulan, setelah itu mungkin diperpanjang lagi kontrak selama 2 tahun jika lolos selama masa kontrak yang di tentukan maka bisa jadi karyawan tetap. Honestly setelah denger penjelasan itu gue cukup galau hmmm.. seharusnya setelah interview HRD lanjut dengan interview user tapi karena katanya usernya sedang sibuk. Jadi di lanjut 1/2 minggu lagi akan dihubungi ulang. Good lah jadi masih ada waktu untuk berpikir lebih jernih dan memilih lebih tepat.